PENGEMBANGAN JARKOM UNIVERSITAS RIAU (Answer Case)

18 08 2011

Jawaban No. 1

Pengembangan setiap aplikasi, yang berhubungan dari Sistem Administrasi Akademik dan Sistem Informasi Keuangan saling terintegrasi dengan Sistem Informasi Induk. Ada pun beberapa pendapat mengenai pengembangan / penambahan aplikasi untuk melengkapi tiap – tiap bagian sistem informasi, aplikasi yang digunakan harus bersifat interaktif dan mudah digunakan (User Friendly). Beberapa pengembangan / penambahan aplikasi untuk kedepan (5 tahun kedepan) :

  1. Sistem Informasi Administrasi Pelayanan Mahasiswa
  2. Menangani pengajuan matakuliah
  3. Menangani pembuatan KRS (kartu rencana studi) secara online
  4. Menangani pengajuan ujian susulan
  5. Menangani pengajuan protes nilai
  6. Permohonan surat keterangan PKL
  7. Pendaftaran sidang sarjana (setelah syarat – syarat terpenuhi)
  8. Pendaftaran wisuda (setelah syarat – syarat terpenuhi)
  9. Permohonan cuti akademik
  10. Permohonan pindah program studi

Sistem Informasi Administrasi Pelayanan Dosen

  1. Update data Dosen
  2. Input kehadiran Dosen
  3. Input nilai Mahasiswa

Sistem Informasi Administrasi Alumni

  1. Update data ALUMNI
  2. Menangani permintaan legalisir dokumen (transkip dan ijazah)
  3. Menangani permintaan lowongan kerja ALUMNI secara email. Dalam hal ini Universitas disarankan untuk membuat website : http://www.cariercenteruniversitasriau.com, yang digunakan khusus menangani lowongan kerja para ALUMNI dan bisa dipakai untuk mengukur kualitas mahasiswa yang telah di produksi oleh Universitas Riau. Bekerjasama dengan perusahaan – perusahaan yang berada di riau sendiri maupun koneksi di tingkat nasional maupun internasional.

Sistem Informasi Perpustakaan (untuk menangani transaksi peminjaman buku)

  1. Pada aplikasi ini diharapkan Universitas Riau telah menerapkan perpustakaan terbuka, yang bisa di akses masyarakat luas untuk memanfaatkan koleksi – koleksi buku yang ada.
  2. Bekerja sama dengan Universitas lain untuk pengaksessan perpustakaan tsb, sehingga universitas yang di ajak kerjasama dapat mengakses perpustakaan begitu juga sebaliknya.
  3. Library Digital, yang bersifat online. Selain mengoleksi buku – buku manual, Universitas di harapkan membuat Website Library Digital dengan koleksi buku – buku dalam bentuk digital.

 E-LEARNING

Untuk meningkatkan motivasi mahasiswa dalam proses belajar aktif dan mandiri Universitas membuat website online e-learning yang bisa digunakan mahasiswa untuk belajar tanpa harus masuk kekelas, dengan menggunakan video confrance dan fasilitas yang lain, yang mendukung proses tsb. Jadwal, materi, ujian, tugas (yang perlu diperhatikan)

Sistem informasi dan aplikasi yang belum dikembangkan (masih manual)

  1. Sistem Informasi Penelitian
  • Sistem informasi penelitian, sebaiknya didokumentasikan dalam bentuk digital, untuk kedepan seorang dosen, yang telah melakukan penelitian, berupa teori – teori dalam bentuk manual di Gitalisasikan hasil yang telah mereka lakukan.
  • Bagi penelitian dalam bentuk manual (buku/yang sejenisnya) yang dilakukan pada masa lampau bisa dilakukan dengan cara melakukan scan dengan menggunakan scaner.
  • File / data – data tersebut disimpan didalam database server.

2.  Sistem Informasi Pengabdian Masyarakat

Mendokumentasikan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Universitas, Dosen, maupun mahasiswa dari yang manual menjadi digital dengan cara :

  • Mendokumentasikan foto – foto dalam bentuk Digital.
  • Mendokumentasikan video, kegiatan masyarakat dalam bentuk digital.
  • Hasil rekomendasi, umpan balik, keinginan, pesan, kesan dari masyarakat didokumentasikan dalam bentuk file digital.
  • File / data – data tersebut di simpan didalam server data base.

3.  Sistem Informasi Sarana dan Prasarana

Untuk penggunaan sarana dan prasarana kedepan di harapkan bisa di lakukan dengan menggunakan aplikasi khusus, yang menangani keseluruhan penggunaan sarana dan prasarana. Penggunaan aplikasi memudahkan mendapatkan informasi yang berhubungan dengan sarana dan prasarana yang ingin digunakan.

Semua yang berhubungan dengan sistem informasi universitas dapat diakses melalui mobile technologi baik dengan menggunakan internet (website universitas), maupun pengaksessan pemberian informasi dalam bentuk sms, dengan memanfaatkan SMS Server. Pengembangan Sistem Informasi Penelitian dan Sistem Informasi Pengabdian Masyarakat dilakukan oleh Divisi Multimedia yang di bentuk.

Jawaban No. 2

Jawaban No. 3


Aksi

Information

Tinggalkan komentar