STUDI KASUS WIKIPEDIA (SWOT Analysis., Critical Sucess Analys., 5 Years a Go..!!)

18 08 2011

SWOT ANALYSIS WIKIPEDIA

STRENGTH (S) KEKUATAN

  1. Wikipedia dapat di akses oleh siapapun dengan gratis (Open Source)
  2. Kolaborasi (Gotong – Royong), setiap orang bisa memberikan kontribusinya terhadap sebuah tulisan atau sebuah penjelasan.
  3. Semua artikel Wikipedia bebas untuk digunakan, di edit, di salin dan di retribusi.
  4. Cepat didalam siklus editorial, pada setiap detik bisa saja terjadi perubahan (up to date).
  5. Multi Bahasa (terdapat lebih dari 250 bahasa termasuk bahasa Indonesia, jawa, sunda dan catalan).
  6. Biaya Cetak “Penerbitan” yang rendah dan ramah lingkungan karena tidak menebang pohon untuk membutuhkan kertas.
  7. Berjalan pada System Operasi Macintosh, Linux dan Windows.
  8. Transparently (laporan keuangan terbuka untuk public dan kegiatan karyawan bisa dipantau).
  9. Penyimpanan data menggunakan Database, XML dan Text (kemudahan untuk melakukan perubahan dengan versi yang baru).
  10. 175 Server di 4 Lokasi berbeda.
  11. Mempunyai 2 juta artikel dalam berbagai bahasa, jumlah user sudah mencapai 3 juta user dan jumlah pengunjung sudah mencapai rata – rata 600 juta pertahun.
  12. Menyediakan fasilitas wikilink untuk menjelaskan penjelasan lebih lanjut ke halaman khusus membahas istilah/kata tersebut.
  13. Tidak berpihak (Netral), data – data yang disajikan tidak dilihat dari satu sudut pandang penulis.
  14. GNU Free Documentation License. Lisensi ini menuntut bahwa semua salinan naskah, walaupun diubah sekalipun, harus tetap mempertahankan lisensi yang sama. Salinan tersebut dapat dijual, tapi tetap harus tersedia dalam format yang dapat memfasilitasi pengubahan lebih lanjut.

WEAKNESS (W) KELEMAHAN

  1. Vandalisme, Wikipedia tidak bisa mengawasi secara menyeluruh aksi user yang melakukan penulisan yang kebenaran informasi tersebut diragukan/tidak benar.
  2. Tidak ada kejelasan sumber atau profil penulis, hasil tulisan yang bisa di pertanggung jawabkan.
  3. Tidak semua user yang mengisi artikel di Wikipedia berkualitas dan dapat di percaya.
  4. Masih adanya manipulasi konten dan link yang berisi spam.
  5. Masih adanya duplikasi yang berisikan informasi yang sama / hampir sama.
  6. Wikipedia tidak menyediakan tanda (bintang atau kode warna) untuk menginformasikan keakuratan data tersebut.
  7. Wikipedia sering digunakan untuk mengiklankan sebuah produk dagang oleh user.
  8. Sifat data yang bisa berubah setiap saat, hasil dari suntingan user membuat Wikipedia tidak bisa digunakan sebagai bahan pembuktian dalam penggunaan data.
  9. Tampilan web-page yang masih monoton dengan konsep minimalis.
  10. Karyawan (editor) yang masih terbatas untuk mengimbangi lajunya perkembangan user yang memberikan kontribusinya dengan Wikipedia.
  11. Tidak tersedianya versi Wikipedia yang di khususkan untuk orang tunanetra.

OPPORTUNITIES (O) PELUANG

  1. Bekerjasama dengan website search engine / website – website terkemuka untuk menampilkan data/informasi lebih banyak lagi.
  2. Globalisasi, untuk mendatangkan user yang active memberikan kontibusi lebih banyak dengan berbagai macam bahasa baik bahasa Nasional maupun bahasa Daerah.
  3. Mengembangkan Website versi 3.0 yang lebih interaktif, tidak hanya menampilkan data yang berisikan teks namun bisa disertai video gambar bergerak dan seluruh orang di dunia bisa memberikan kontibusi nya dengan berbagai cara.
  4. Sebagai bahan referensi yang di gunakan oleh akademisi.
  5. Acuan untuk mendapatkan informasi.
  6. Jumlah pengunjung yang banyak bisa meningkatkan pendapatan dari segi pengiklanan walaupun tidak langsung ke website Wikipedia.
  7. Meningkatkan saham perusahaan dengan menjadikan Wikimedia Inc go Publik, menjadikan perusahaan tersebut sebagai perusahaan public yang saham nya bisa di beli oleh setiap orang khususnya user.
  8. Banyak nya pengunjung, membuat Wikipedia bisa menambah anak perusahaan lebih banyak lagi yang sesuai dengan kebutuhan user.
  9. Dengan database yang besar memuat berbagai informasi. Wikipedia bisa mengembangkan software aplikasi yang berbasis Knowledge (Ilmu pengetahuan).
  10. Wikipedia bisa mengembangkan website yang menerjemahkan (translator) seluruh bahasa yang ada didunia berkat kerjasama dari user yang berkolaborasi di seluruh dunia.

THREATS (T) ANCAMAN

  1. Sebagian Dosen Universitas ternama, melarang mahasiswa nya untuk mendapatkan informasi (sebagai referensi) di Wikipedia di karenakan keakuratan data yang kurang valid.
  2. AFP (Agance France Press) melarang karyawan/pegawainya untuk mencari informasi di Wikipedia setelah salah seorang dari agennya salah memasukkan informasi setelah mendapatkan informasi tersebut dari wikipedia.
  3. Sebagaian pengamat menilai Wikipedia berisikan informasi sampah yang tidak bisa di percaya atas informasi yang disajikan.
  4. Kurangnya karyawan (editor, administrator) untuk mengimbangi lajunya pertumbuhan user yang berpartisipasi memberikan kontribusinya baik positif maupun negative.
  5. Munculnya website – website serupa seperti Knol dari google dan Citezendium.org yang siap menggeser Wikipedia.
  6. Acaman dari Microsoft Encarta yang masih bersifat komersial.
  7. Ensiklopedia Britanica, yang siap merilis versi online nya.
  8. Hukum, tentang pencemaran nama baik seseorang yang sengaja dimasukkan oleh orang – orang yang tidak bertanggung jawab dan penggunaan konten tertentu.
  9. Laju perkembangan User tidak di imbangi dengan perangkat database server yang ada.
  10. Virus, yang bisa mengacak – ngacak keamanan data base server Wikipedia.
  11. Hacker, yang menghancurkan website Wikipedia.
  12. Bencana alam yang merusakkan server.

STRENGTH to OPPORTUNITIES

  1. Dengan jumlah user yang sudah mencapai 3 juta orang di seluruh dunia dan mempunyai 2 juta artikel dengan data yang ditampilkan lebih valid bisa menjadikan Wikipedia sebagai acuan referensi yang di gunakan oleh kaum akademisi.
  2. Artikel yang banyak menjadikan Wikipedia sebagai acuan untuk mendapatkan informasi.
  3. Kemudahan pengaksesaan yang dapat dilakukan siapa saja dan bersifat gratis, memungkinkan wikipedia untuk mengembangkan lebih banyak lagi bahasa yang ada didunia.
  4. Dengan sifatnya yang terbuka (user friendly) setiap orang bisa memberikan kontribusinya dengan melakukan penyuntingan Wikipedia bisa lebih cepat mengembangkan website berbasis 3.0 yang lebih interactive tentunya melibatkan user dan seluruh pengguna untuk berinteraksi.
  5. Transparancy perusahaan bisa menjadikan perusahaan tersebut sebagai perusahaan yang terbuka dan go public.
  6. Peningkatan pendapatan melalui anak perusahaan Wikipedia.
  7. Banyaknya user yang berpartisipasi dari barbagai Negara di dunia membuat Wikipedia mudah mengembangkan perangkat lunak (Program Aplikasi) translator yang menerjemahkan sekitar 250 bahasa dengan cara memanfaatkan kolaborasi seluruh user yang ada.
  8. 175 Server, yang berisikan database berbagai informasi pengetahuan mempermudah Wikipedia untuk memgembangkan software yang berbasis Knowledge (Ilmu pengetahuan).
  9. Dengan konsep website 3.0 tidak menutup kemungkinan Wikipedia bisa mengembangkan website tersebut bisa digunakan untuk orang tunanetra yang inggin memanfaatkan dan memberikan kontibusinya.
  10. Dengan artikel yang banyak Wikipedia mengelompokkan artikel tersebut sesuai dengan pembahasannya dan mendistribusikannya.

STRENGTH to THREATS

  1. Memperkerjakan editor – editor, administrator yang berasal dari seluruh dunia (user) untuk mengontrol validitas data didalam Wikipedia supaya seluruh elemen instansi seperti universitas (dosen dan mahasiswa), perusahaan surat kabar, dan instansi lain nya bisa menggunakan informasi / data tersebut tanpa ragu keakuratannya.
  2. Menambah versi dari berbagai macam bahasa (250 Bahasa) dan bersifat netral tidak dilihat dari sudut pandang menjadikan nilai tambah dibandingkan saingannya Knol dan Citezentium.org.
  3. Wikipedia adalah website yang ramah lingkungan dengan segudang informasi yang tidak membutuhkan kertas untuk menerbitkan artikel – artikel nya dan didukung lembaga pecinta alam seperti NGO Green Peace di bandingkan Ensiklopedia yang masih menggunakan kertas.
  4. Memberdaya kan fungsi control dari Wikipedia dan memotivasi user (human) untuk memberikan kontribusi yang bersifat positif terhadap Wikipedia.
  5. Penggunaan konten yang legal GNU Free Documentation License dan open source web content manajemen system mencegah permasalahan hokum yang akan terjadi.
  6. Wikipedia mempunyai 175 server di 4 lokasi berbeda digunakan untuk mengantisifasi bencana alama yang akan terjadi.
  7. Penggunaan database yang berbasis xml dan text menyulitkan untuk hacker melakukan pembobolan.

WEAKNESS to OPPORTUNITIES

  1. Tidak adanya profil penulis dan artikel yang dikembangkan bukan atas nama pribadi melainkan hasil dari kolaborasi menjadikan artikel tersebut netral (tidak dilihat dari satu sudut pandang) dan menglobal.
  2. Banyak nya user yang berpartisipasi dari berbagai kalangan memang terkadang membuat Wikipedia selalu berurusan dengan aksi vandalism dan kurang akuratnya informasi yang di beritakan akan tetapi disinilah letak dari kebebasan user untuk memberikan kontibusinya terhadap Wikipedia sementara user yang lain akan memperbaiki tulisan tersebut dengan tulisan yang lebih akurat.
  3. Dengan banyak nya user yang tergabung didalam Wikipedia dan terbuka nya keuangan Wikipedia yang membuat seluruh user bisa menilai kondisi perusahaan membuat perusahaan ini bisa menjadi perusahaan public yang dimiliki oleh user.
  4. Walaupun Wikipedia tidak memperbolehkan user mengiklan kan website namun kenyataan masih banyak user yang menggunakan untuk menginformasikan produk komersial untuk di publikasi dan sebagai informasi bagi user.
  5. Tampilan web-page yang masih monoton membuat Wikipedia website yang minimalis dan mudah digunakan.

 

WEAKNESS to THREATS

  1. Vandalizm membuat keakuratan informasi / data yang di sajikan Wikipedia kurang mendapat tempat di beberapa lembaga (institusi) akan tetapi dengan adanya usaha – usaha dari pihak user (editor) baik dengan cara sukarela maupun karyawan yang di bayar oleh pihak Wikipedia berusaha untuk memperbaiki data – data yang kurang akurat tersebut.
  2. Kebebasan yang diterapkan oleh Wikipedia kepada user untuk memberikan kontribusinya dengan berbagai latar belakang Negara dan bahasa membuat website tersebut lebih diminati dibandingkan website yang sejenis yang hanya menyertakan bahasa inggris dan masih bersifat komersial.
  3. Data – data yang disajikan terkadang cepat mengalami perubahan (update for user) semata – mata untuk memperlengkap hasil data yang lebih akurat lagi dari user.
  4. Wikipedia tidak menyertakan tanda apa untuk menginformasikan data tersebut valid atau tidaknya supaya seluruh user bisa memperbaiki data tersebut lebih baik lagi dan tidak mempunyai hak untuk mengakui hasil dari perbaikan tersebut.
  5. Sebagaian pengamat mengatakan jika ingin mencari data yang berhubungan dengan tokoh dunia anda bisa mencarinya di Wikipedia dan jika anda ingin mendapatkan data – data yang berhubungan dengan kesehatan anda bisa mencarinya di Knol.

 

ANALYSIS CRITICAL SUCCESS

Berbicara tentang kesuksessan Wikipedia yang menglobal tidak lengkap tanpa menyertakan latarbelakang atau sejarah Ensiklopedia Online ini bermula. Embrio Wikipedia adalah sebuah proyek ensiklopedia bebas bernama Nupedia. Jimmy Wales dan Larry Sanger boleh dibilang sebagai orang tua yang melahirkan Wikipedia. Meski dalam per­jalanannya, Wales yang akrab disapa Jimbo, muncul lebih dominan dan Sanger akhirnya mundur dari Wikipedia. Wikipedia merupakan leburan dari kata wiki dan ensiklopedia. Asal kata Wiki adalah bahasa Hawaii yang artinya ‘cepat’. Dalam hal ini, wiki merujuk pada jenis website yang memungkinkan pengunjung untuk menyuntingnya dengan cepat. Wales dan Sanger pertama kali membuat Wiki sebagai cara untuk melengkapi proyek Nupedia-nya Jimbo. Wiki di Nupedia muncul pertama kali pada 10 Januari 2001. Namun ketika itu, para editor­ dan penelaah di Nupedia yang terdiri atas orang-orang berkualifikasi tinggi menolak adanya wiki Nupedia.

Wiki memungkinkan “siapa saja” melakukan perubahan pada konten ensiklopedia yang disusun. Karena resistensi itu, dibuatlah Wikipedia.com pada 15 Januari 2001. Tanggal itu kemudian kerap disebut sebagai “Hari Wikipedia“. Wikimedia Foundation dibentuk pada tahun 2002 sebagai organisasi nirlaba yang menaungi Wikipedia serta proyek lainnya. Pembentukan ini menyebabkan Wikipedia beralih ke alamat .org. Wikimedia Foundation, tercatat pada Agustus 2007, memiliki kurang lebih 100 proyek referensi serupa Wikipedia. Termasuk di dalamnya adalah Wikiquote (koleksi kutipan), Wiktionary (kamus dan tesaurus), Wikisource (perpustakaan naskah), Wikibooks (buku teks), Wikinews (sumber berita), Wikispecies (direktori spesies), dan Wikiversity (bahan belajar). Dibanding ensiklopedia konvensional yang dicetak di atas kertas, Wikipedia memiliki beberapa keunggulan. Salah satunya adalah biaya cetak “penerbitan” yang rendah dan memiliki dampak pada lingkungan yang minim (karena tidak menghabiskan kertas). Keunggulan lainnya, untuk istilah yang membutuhkan penjelasan lebih lanjut, tak perlu dijelaskan dalam artikel karena telah memiliki Wikilink alias link ke halaman yang khusus membahas istilah/kata tersebut. Setiap artikel di Wikipedia juga menjadi lebih mudah digunakan karena memiliki paragraf ringkasan sebagai perkenalan terhadap isi artikel sebelum dibahas lebih rinci. Sementara itu, keunggulan yang mungkin­ paling besar adalah cepatnya siklus editorial. Boleh dibilang, pada setiap detik terjadi perubahan, baik kecil maupun besar, terhadap artikel di Wikipedia. Bandingkan dengan ensiklopedia cetak yang mungkin baru muncul edisi terbarunya dalam siklus tahunan.

Website ensiklopedia terbuka, Wikipedia.org, mampu menunjukkan kekuatan Internet dalam menyatukan ribuan otak yang tersebar di seluruh dunia untuk membentuk satu sumber pengetahuan. Wikipedia menunjukkan bahwa “seribu otak­ memang lebih baik dari pada satu”.

Factors Success :

  1. Wikipedia.org adalah website yang terbuka (Opensource) yang melibatkan user untuk berinteraksi memberikan kontribusi secara langsung dengan menyunting, edit dan diretribusikan kepada user yang lain.
  2. Ensiklopedia terlengkap dengan semua bahasa (lebih dari 250 bahasa) termasuk bahasa daerah.
  3. Tidak membatasi user yang ingin menyunting (baik dari segi jenis kelamin, umur, agama, suku bangsa dan Negara.
  4. Kolaborasi (gotong – royong) dari seluruh user, artikel yang sederhana menjadi lengkap.
  5. Orang yang mengisi atau mengakses konten Wikipedia gratis dan tidak di bayar melainkan sukarela.
  6. Tidak ada seorangpun yang mengklaim sebagai pemilik dan tidak ada artikel yang dianggap final, semuanya akan terus berubah dan mengalami revisi dari waktu ke waktu.
  7. Cepatnya sirkulasi editorial, boleh dibilang pada setiap detik terjadi perubahan baik kecil maupun besar terhadap artikel Wikipedia.
  8. Semakin banyak editor maka semangkin baik artikel yang dibuat.
  9. Laporan keuangan terbuka untuk public dan kegiatan karyawan Wikipedia bisa di pantau.
  10. Netral (tidak berpihak), artikel yang di buat tidak memiki satu sudut pandang.

 

5 Years a Go..!!

Perkembangan website Wikipedia dari waktu ke waktu sangat mengalami peningkatan itu di buktikan dengan bertambahnya user dan artikel. Sampai tahun 2008 sudah mencapai 3 juta user dan mempunyai 2 juta artikel dalam berbagai bahasa, jumlah pengunjung rata – rata mencapai 600 juta pertahun. Angka – angka tersebut menunjukkan laju perkembangan website Wikipedia dan user berperan penting terhadap perkembangan website tersebut. Untuk itu hal – hal yang harus di perhatikan untuk mempertahankan website tersebut untuk menjadi website yang diminati banyak user baik dari segi teknis penggunaan internet dan jaringan maupun dari segi user sebagai pemberi kontribusi terbesar terhadap perkembangan Wikipedia.

Pandangan terhadap 5 tahun kedepan apabila Wikipedia tidak memperbaharui jaringan computer dan internetnya ?

  1. Sukses Wikipedia dikarenakan peranbesar user yang kolaborasi memberikan kontribusinya terhadap situs tersebut pengelola (yang mempunyai website) hanya menyediakan fasilitas nya saja fasilitas tersebut yaitu media penyimpanan (storage device) dalam bentuk server yang menyimpan data – data yang di hasil kan oleh user berbentuk artikel yang semakin hari – semakin bertambah. Dengan jumlah server 175 tidak akan lagi mencukupi untuk menampung semua data yang semangkin bertambah dan melayani jumlah user yang semangkin meningkat dari seluruh penjuru dunia untuk itu Wikipedia harus mengantisipasi hal tersebut apabila terjadi bisa menyebabkan server yang ada down akibat lonjakan pengunjung (user) yang ingin memanfaatkan Wikipedia. Penambahan Server harus dilakukan untuk mengantisipasi hal tersebut.
  2. Kepadatan lalu lintas jaringan internet juga harus di antisipasi, dengan banyaknya pengunjung yang mengakses wikipedia jalur lalu lintas yang di lewati semangkin sibuk (Network Busy) jangan sampai untuk mengakses Wikipedia memakan waktu yang lama membuat pengunjung (user) beralih ke website sejenis yang memberikan fasilitas yang sama. Untuk itu Wikipedia harus meperlebar jalan yang di lalui untuk memudahkan pengaksessan website tersebut.
  3. Website Content, yang lebih interactive memudahkan / memanjakan user untuk memberikan kontribusinya lebih banyak, baik lagi dengan tersedia kemudahan – kemudahan yang di berikan oleh website. Dengan penerapan website 3.0 yang memberikan nilai tambah kepada Wikipedia semakin di gemari oleh user.
  4. Bertumbuhnya website – website serupa seperti Knol yang di keluarkan oleh penguasa Serch Engine Google.Com(website pencari) yang mempunyai jaringan yang luas membuat Wikipedia harus memperbaiki kinerja jaringan internetnya lebih baik lagi. Jika ingin bersaing Wikipedia harus memperbaiki Arsitektur Jaringan Internet yang di gunakan sehingga user dapat dengan mudah mencari / menggunakan Wikipedia.
Iklan

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: